Jumat, 23 September 2011

instrumen akreditasi

SALINAN
LAMPIRAN III PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
                           NOMOR 52 TAHUN 2008 TANGGAL 18 SEPTEMBER 2008

INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA DAN INFORMASI
PENDUKUNG AKREDITASI SMA/MA

Nama Sekolah          : SMA PGRI Kaliwungu Kudus
Nomor Statistik Sekolah       : 302031901016
Nama Kepala Sekolah : A’ang Wisnu Saputro, S.Pd.
Alamat Sekolah                  : Jalan Jepara KM 5 Kaliwungu Kudus Telpon  081326752424

I. STANDAR ISI

1. Pelaksanaan Kurikulum berdasarkan muatan KTSP

No

Komponen muatan KTSP
1
Mata Pelajaran : PAI, PKn, B. Indonesia, B. Inggris, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Sejarah, Geografi, Ekonomi,Sosiologi, Seni Budaya, Penjasorkes, TIK
2
Muatan lokal : B Jawa, Ke PGRI an
3
Kegiatan Pengembangan diri : Konseling, Ekstra Kurikuler
4
Ketuntasan Belajar : PAI = 65, PKn =65, B. Indonesia =65, B. Inggris=65, Matematika=60, Fisika=60, Biologi=60, Kimia=60, Sejarah=65, Geografi=65, Ekonomi=65,Sosiologi=60, Seni Budaya=65, Penjasorkes=65, TIK=65
5
Pendidikan Kecakapan hidup : Komputer




Keterangan * Nama mata pelajaran boleh disingkat
                **Isi dengan singkatan mata pelajaran dan KKM

2. Ketersediaan dokumen pengembangan kurikulum ( Isi jenis dokumen yang relevan dengan
    pengembangan kurikulum )

No
Dokumen pengembangan kurikulum yang  dimiliki
1
Berita acara rapat
2
Tanda tangan pihak terkait

3. Proses penyusunan KTSP

No
Mekanisme yang dilalui dalam pengusunan KTSP sekolah
1
Melibatkan timm pengurus
2
Workshop
3
Menghadirkan narasumber
4
Pemantapan dan penilaian
5
Dokumen hasil penyusunan kurikulum

4. Dokumen pelaksanaan kurikulum

No
Dokumen pelaksanaan  kurikulum yang  dimiliki
1
Remedial
2
Tambahan jam pelajaran
3
Pembelajaran di alam
4
Kegiatan sosial budaya

5. Mata pelajaran muatan lokal yang dilakukan sekolah
   a) Bahasa jawa
   b) Ke PGRI an


No
Pihak-pihak yang terkait dalam proses penyusunan
1
Guru
2
Komite

6. Jenis-jenis program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan konseling dan kegiatan ekstra
     kurikuler yang dimiliki sekolah
a)     Kegitan Konseling
b)     Pramuka
c)     PMR
d)     Olah raga

7. - - -

8. Beban belajar yang ditetapkan oleh sekolah

No
Pembelajaran
Jumlah Jam
1
Tatap muka
45
2
Jumlah pembelajaran per minggu
40
3
Jumlah minggu efektif per tahun
34

9. s.d 12 - - -

13 Mata pelajaran yang memiliki silabus pelajaran yang disiapkan oleh guru mata pelajaran

No
Mata Pelajaran
Kelas
1
PAI
X – XII
2
PKn
X – XII
3
B. Indonesia
X – XII
4
B. Inggris
X – XII
5
Matematika
X – XII
6
Fisika
X
7
Biologi
X
8
Kimia
X
9
Sejarah
X – XII
10
Geografi
X – XII
11
Ekonomi
X – XII
12
Sosiologi
X – XII
13
Seni budaya
X – XII
14
Penjasorkes
X – XII
15
TIK
X – XII
16
Bahasa Arab
X – XII
17
Bahasa Jawa
X – XII








14. Dokumen pengembangan silabus ( Isi jenis dokumen yang relevan dengan kegiatan
      pengembangan silabus )

No
Jenis kegiatan
Jenis Dokumen yang ada
1
Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar ( pemetaan)
2
Mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran
3
Mengembangkan kegiatan pembelajaran
4
Merumuskan indicator pencapaian kompetensi
5
Menentukan jenis penilaian
6
Menentukan alokasi waktu
7
Menentukan sumber belajar

15. Dokumen Kalender akademik sekolah

No
Komponen kalender akademik
Ketersediaan
Ada
Tidak
1
Jadwal awal tahun pelajaran

2
Minggu efektif

3
Pembelajaran efektif

4
Hari libur

     Keterangan : * Isilah tanda ceklis (√) pada kolom jawaban Ketersediaan































II. STANDAR PROSES

16. Proses pengembangan silabus

No
Cara pengembangan silabus
Mata pelajaran
1
Silabus dikembangkan sendiri
B. Arab. Ke PGRI an
2
Silabus dikembangkan dengan MGMP tingkat sekolah
PAI, PKn, B. Indonesia, B. Inggris, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Sejarah, Geografi, Ekonomi,Sosiologi, Seni Budaya, Penjasorkes, TIK
3
Silabus dikembangkan dengan MGMP tingkat Kabupaten/Kota
-
4
Silabus mengadopsi contoh yang sudah ada
-

17. Mata Pelajaran yang memiliki RPP
No
Mata Pelajaran yang telah memiliki RPP

1
PAI
2
PKn
3
B. Indonesia
4
B. Inggris
5
Matematika
6
Fisika
7
Biologi
8
Kimia
9
Sejarah
10
Geografi
11
Ekonomi
12
Sosiologi
13
Seni budaya
14
Penjasorkes
15
TIK
16
Bahasa Arab
17
Bahasa Jawa
18
Ke PGRI an

18. RPP yang telah memenuhi prinsip-prinsip penyusunan

No
Mata Pelajaran yang telah memenuhi prinsip-prinsip penyusunan RPP

1
PAI
2
PKn
3
B. Indonesia
4
B. Inggris
5
Matematika
6
Fisika
7
Biologi
8
Kimia
9
Sejarah
10
Geografi
11
Ekonomi
12
Sosiologi
13
Seni budaya
14
Penjasorkes
15
TIK
16
Bahasa Arab
17
Bahasa Jawa
18
Ke PGRI an

19. Persyaratan proses pembelajaran

No
Persyaratan proses pembelajaran

1
Jumlah siswa tiap kelas, rata-rata = 30 siswa
2
Jumlah jam beban mengajar guru, rata-rata = 15 jam/minggu
3
Perbandingan jumlah buku teks : siswa = 2 : 1
4
Pengelolaan kelas yang dilakukan :
Pendahuluan    : Apresiasi
Kegiatan Inti   : - ceramah
                        -  diskusi
Penutup          : - Menyimpulkan
                        - Tugas
                                    

20. Langkah-langkah pembelajaran
No
Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan

1
Kegiatan pendahuluan
  1. Apresepsi
  2. Motivasi
2
Kegiatan Inti
  1. Memberikan informasi tentang materi yang akan disampaikan
  2. Membantu menyelesaikan masalah terhadap siswa dan melakukan pengecekan hasil eksplorasi
  3. Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
  4. Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

3
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
  1. Bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
  2. Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
  3. Memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran
  4. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/taua memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa
  5. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya








21. Pemantauan proses pembelajaran

No

Tgl Pemantauan
Nama guru yang dipantau
Tahap yang dipantau
1
04 agust 2008
Heni Yulianawati,S.Pd
Penyusunan silabus dan RPP
2
23 Agustus 2008
Sujarwati,S.Pd
Pelaksanaan Pembelajaran
3
6 Sept 2008
Ahmadi, SE
Analisis  pembelajaran
4
15 Sept 2008
Jaelan,S.Ag
Aspek kepribadian dan sosial
5
17 Sept 2008
WN Agustina,S.Si.

6
13 Okt 2008
Tri Harni s S.Pd

7
15 Okt 2008
Istikah,A.Md

8
17 Okt 2008
Suwanto,S.Pd. Kim

9
18 Okt 2008
Rosary Puspasiwi, S.Kom.

10
12 Nov 2008
Drs. Subiyanto

11
13 Januari 2009
Kartini, S.Pd.

12
19 Januari 2009
Selamet S. S.PdI


22. Supervisi Proses pembelajaran

No

Tgl Supervisi
Nama guru yang disupervisi
Cara yang dilakukan
1
04 agust 2008
Heni Yulianawati,S.Pd
Mengamati dan menilai
2
23 Agustus 2008
Sujarwati,S.Pd
Mengamati dan menilai
3
6 Sept 2008
Ahmadi, SE
Mengamati dan menilai
4
15 Sept 2008
Jaelan,S.Ag
Mengamati dan menilai
5
17 Sept 2008
WN Agustina,S.Si.
Mengamati dan menilai
6
13 Okt 2008
Tri Harni s S.Pd
Mengamati dan menilai
7
15 Okt 2008
Istikah,A.Md
Mengamati dan menilai
8
17 Okt 2008
Suwanto,S.Pd. Kim
Mengamati dan menilai
9
18 Okt 2008
Rosary Puspasiwi, S.Kom.
Mengamati dan menilai
10
12 Nov 2008
Drs. Subiyanto
Mengamati dan menilai
11
13 Januari 2009
Kartini, S.Pd.
Mengamati dan menilai
12
19 Januari 2009
Selamet S. S.PdI
Mengamati dan menilai

23. Evaluasi proses pembelajaran

No

Tgl Evaluasi
Nama guru yang dievaluasi
Aspek yang dievaluasi
1
04 agust 2008
Heni Yulianawati,S.Pd
Pengawasan materi
Strategi pembelajaran
Pemanfaatan sumber
Penilaian proses dan hasil belajar
Penguasaan bahasa
2
23 Agustus 2008
Sujarwati,S.Pd
3
6 Sept 2008
Ahmadi, SE
4
15 Sept 2008
Jaelan,S.Ag
5
17 Sept 2008
WN Agustina,S.Si.
6
13 Okt 2008
Tri Harni s S.Pd
7
15 Okt 2008
Istikah,A.Md
8
17 Okt 2008
Suwanto,S.Pd. Kim
9
18 Okt 2008
Rosary Puspasiwi, S.Kom.
10
12 Nov 2008
Drs. Subiyanto
11
13 Januari 200
Kartini, S.Pd.
12
19 Januari 2009
Selamet S. S.PdI




24. Pelaporan pengawasan proses pembelajaran

No

Tgl Pelaporan
Pihak yang mendapat laporan
Keterangan
1
30 Agust 2008
Kepala Sekolah
Tertulis
2
25 Sept 2008
Waka. Kurikulum

3
30 Oktober 2008


4
29 Nov 2008


5
27 Januari 2009



25. Tindak lanjut hasil pengawasan proses pembelajaran

No

Hasil pengawasan
Bentuk tindak lanjut
1
Metode pembelajaran kurang tepat
Memberi teguran dan pengawasan kontinyu
2
Sumber belajar kurang

3
Penguasaan kelas kurang

4






































III. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

26. Kriteria ketuntasan minimal ( KKM) kelompok mata pelajaran Iptek

No

Mata pelajaran Iptek
Kelas
KKM
1
B. Indonesia
X, XI, XII
65
2
B. Inggris
X, XI, XII
65
3
Matematika
X, XI, XII
60
4
Biologi
X
60
5
Ekonomi
X, XI, XII
65
6
Sosiologi
X, XI, XII
65
7
TIK
X, XI, XII
60

27. Kegiatan belajar siswa yang berkaitan dengan analisa pemecahan masalah-masalah yang
     Kompleks

No

Jenis kegiatan
Jumlah siswa yang mengikuti
1
Hasil diskusi siswa
32
2
Kumpulan Kliping
32
3
Kegiatan tentang gejala sosial
32

28. Kegiatan untuk memperoleh pengalaman belajar yang dapat menganalisa gejala alam dan
      Sosial
  
No

Jenis kegiatan
Jumlah siswa yang mengikuti
1
Ekonomi
95
2
Sosiologi
95
3
Geografi
95

29. Penggunaan berbagai fasilitas oleh siswa

No
Jenis kegiatan
Ketersediaan
Jumlah siswa yang terlibat
Ada
Tidak
1
Bahan ajar

120
2
Buku Teks

32
3
Perpustakaan

120
4
Laboratorium

32
5
Internet

-

1 komentar:

  1. Casinos Near Me - New Orleans, LA - JTM Hub
    The 여수 출장마사지 Best Casino Near Me: Casinos Near 아산 출장샵 Me · The Venetian® Resort · 대전광역 출장안마 Palazzo Resort & Casino · Hollywood Casino at 광양 출장샵 Charles Town 시흥 출장마사지 Races · Hard Rock Casino

    BalasHapus